​Jakarta – Apa yang Anda bayangkan dari sebuah mobil masa depan? Dari segi penampilan, Italdesign Giugiaro Gea dan LM2 Streamliner mungkin sudah menunjukkan arah desain ideal. Namun saya cukup yakin, Anda akan terkagum-kagum melihat rancang dan fitur mobil konsep teranyar garapan General Motors, meskipun ia bisa jadi hanya diciptakan untuk menarik perhatian.

GM secara perdana memamerkan Chevrolet FNR di acara General Motors Gala Night di Auto Shanghai 2015 minggu ini. FNR menghidupkan segala imajinasi Anda mengenai kendaraan di film-film fiksi ilmiah. Tapi tak cuma diracik dengan reka bentuk futuristik, ia juga merupakan mobil self-driving sejati, diciptakan sebagai platform riset dan penggambaran alat transportasi masa depan.

Chevrolet FNR diracik oleh tim Pan Asia Technical Automotive Center berbasis Shanghai (PATAC) kepunyaan General Motors. Bagi saya, bentuknya ialah percampuran antara robot Transformers, Light Cycle di Tron, dan pesawat luar angkasa Vulcan di Star Trek. Menariknya, rancangan FNR sebenarnya mengambil inspirasi dari serangga. Hasil eksekusinya sangat apik, mobil tersebut sangat keren dan betul-betul merepresentasikan tema sci-fi.

Kendaraan tesebut mengusung desain kapsul di mana keempat roda diposisikan lebih jauh dari kabin. Rangkaian kaca mendominasi bagian atas hingga samping FNR. Lalu ia memanfaatkan lampu depan dan belakang berjenis ‘crystal laser‘. Tapi bagian paling istimewa terletak pada pintunya, menggunakan jenis dual-swing dragonfly: terbuka ke arah berlawan, terlihat saling menyilang.

Mesin dan komponen internal juga tak kalah futuristik. Terdapat motor elektrik hubless magnet untuk mentenagai Chevrolet FNR, dipadu sistem wireless autocharging. Mesin baru akan aktif setelah mobil mengenali pola iris mata Anda. Selanjutnya pengendara dipersilakan memaksimalkan kemampuan seperti rangkaian sensor canggih dan radar di atap. Fitur terakhir ini memungkinkan kita memetakan lingkungan sekitar buat menentukan rute terbaik ke tujuan.

Perjalanan Anda dipandu kecerdasan buatan pribadi. Ketika masuk ke dalam, FNR menyajikan display HUD lengkap dengan bangku depan yang bisa diputar 180 derajat untuk memudahkan kita meeting. Anda bosan mengendarai mobil via setir? Tak perlu cemas, Chevrolet FNR didukung kendali gesture – meski saya sarankan Anda sebaiknya kembalikan arah kursi terlebih dulu.

Sebelum terlalu bersemangat, perlu diketahui Chevrolet FNR masih berupa konsep, tanpa jadwal waktu produksi dan tanggal rilis. Walau begitu FNR bukanlah sekedar rendering, PATAC benar-benar merakitnya sebagai mobil sungguhan.

Sumber: GM.com.