Jakarta, Depo Indonesia – Mempersiapkan mobil untuk digunakan pulang ke kampung halaman sudah sebaiknya dilakukan jauh hari sebelum hari keberangkatan. Selain kondisi kendaraan yang siap menempuh perjalanan jauh, ternyata ada persiapan untuk dibawa pemilik kendaraan agar siap sedia menempuh jalur mudik.

“Sebenarnya jika kendaraan rajin melakukan servis berkala tidak perlu ada kekhawatiran. Namun untuk berjaga-jaga, jangan lupa membawa peralatan darurat di dalam mobil untuk bersiap menghadapi kemungkinan keadaan darurat,” ucap Dolf Valentino, Service Manager Daihatsu Pangeran Jayakarta saat dihubungi Otomania beberapa waktu lalu.

Beberapa barang yang harus ada di dalam kendaraan adalah:

  1. Kotak P3K. Berisi obat-obatan untuk pertolongan pertama pada kecelakaan kecil. Penting juga untuk dibawa bagi pemilik kendaraan yang memiliki anak-anak, untuk penanganan saat buah hati sakit atau terluka.
  2. Kunci roda dan dongkrak. Cek kelengkapan peralatan ini serta periksa kondisi dongkrak. Cek juga kondisi tekanan ban pada ban cadangan sebelum mudik. Isi sesuai ukuran tekanan pabrikan.
  3. Kunci-kunci lain seperti obeng, tang dan kunci inggris. Alat-alat ini serbaguna dan bisa digunakan saat mobil mengalami masalah-masalah ringan selama perjalanan.
  4. Tali atau sling untuk menarik kendaraan. Sebaiknya persiapkan tali atau sling baja yang biasa digunakan untuk menarik kendaraan dalam kondisi darurat. Tali ini bisa digunakan saat mobil bermasalah atau kendaraan milik orang lain terkena masalah.
  5. Pemadam api. Persiapkan sebuah pemadam api kecil di dalam kendaraan. Ini jadi langkah pertama untuk menanggulangi api yang timbul dari kendaraan.
  6. Kabel jumper. Digunakan untuk menyalakan kendaraan saat aki bermasalah. Kabel jumper ini juga jadi peralatan yang wajib ada di tiap kendaraan terutama dengan transmisi otomatik.

Sumber: otomania.com